Senin, 22 Juni 2015

7 Tahun Tanpa Jejak (Magang PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk, KC Bekasi)

VIOLA~~~

Here we go. I wanna tell you about my new life experience. I write this story in my internship office. Call it a day will come on 18 minutes more :D.
Sebuah gedung kantor yang terletak di Jalan Sudirman, Bekasi Barat. Yap, kantor magang gue, Bank Tabungan Negara Kantor Cabang (KC) Bekasi. Satu juta umat udah pada nanya "Kok lo magang di Bank, apa hubungannya?" Iya sih emang secara eksplisit gak ada, gak kaya PR Consultant. However, gue baru seminggu udah dapet ilmu yang nggak pernah gue dapetin di kampus. Gue gak pernah ngebayangin sebelumnya sama pekerjaan ini atau posisi magang ini.

Pada awalnya, gue apply ke banyak perusahaan (monggo dibaca Biasa Ditolak Tapi Perlahan Tenang Pasti Dapat). Akhirnya gue dapat magang di Bekasi juga, di kantor BTN Bekasi. Thanks to my dad udah masukin form magang, xixixi. 

NEXT!

Gue mulai magang pada hari Senin tanggal 15 Juni 2015. Jadi gue gak ada yang namanya liburan, full magang dan mikirin skprisi tok. But I enjoy it. Pas hari itu gue harus nemuin Bu Tusi dulu biar dibuatin absensi magang. Absensi gue nggak secanggih pegawainya sih, masih pakai kartu gitu yang dimasukin ke jam. Nah, yaudah tuh, sehabis itu gue keliling-keliling kantornya biar tau apa sih yang cocok buat gue. VIOLA~ akhirnya gue ditaro di Loan Service (LS). Di Loan Service, ada officernya, Ka Nada dan Ka Sasti. Kerjaannya gue pas hari pertama cuman bengong dan perhatiin doang. I thought before "what the ..." gue buta sama sekali!

Gue di Komunikasi belajar yang rata-rata studi kasus, membangun citra, krisis komunikasi. Tapi, kenyataannya pas magang nggak ada kaitannya, ha ha ha. Awal-awal gue emang gabut, tapi sekarang nggak. Sekarang setidaknya gue disuruh buat Memo Loan Appraisal, Transaction Process dan BI Checking. Gue juga belajar dari Ka Nada dan Ka Sasti bagaimana menghadapi orang. Sebenarnya asik ngeliat ngadepin orang yang berbeda-beda, tapi ngantuk, soalnya di bawah AC langsung...

Gue juga belajar cara apply kredit di Bank BTN. Walaupun ayah gue kerja di Bank BTN, tapi kita nggak pernah cerita mengenai kerjaan. Dan mungkin belajar sedikit tentang Hukum misalkan Sertifikat Hak Milik itu harus diroya kalau tadinya ditahan sama Bank. Gue norak emang nggak tau hal itu. Selain itu, gue belajar administrasi juga dannn belajar foto kopi kertas karena selama ini hanya foto kopi di abang-abang.

Di sini gue juga ngeliat para nasabah ada yang sambil nangis karena pengajuan kreditnya ditolak. Alasannya adalah calon nasabah bukan pegawai tetap di suatu perusahaan. Otomatis hal itu ditolak, karena salah satu syarat pengajuan kredit adalah pegawai tetap di suatu perusahaan. Lebih unik lagi adalah... GUE KETEMU SAMA CHAIRMATE SMP GUE YANG SELAMA TUJUH TAHUN GAK KETEMU. Doi kerja di sini. Nama inisialnya D, bahkan gue kaget setengah mati ti ti ti ketemu dia. Perpisahan kita intinya nggak baik-baik deh, bukan karena kita berantem, tapi tiba-tiba di menghilang gitu aja. Mulai dari di sekolah nggak ada (yah duduk sendiri waktu itu), di sms sama telepon nggak bisa dan akhirnya gue ke rumahnya buat cari tau, dan ternyata ...

Rasanya tuh pengen kayang di atas Auditorium Juwono Sudarsono di FISIP. Ngobrol-ngobrol lah sama doi sebentar. Pengen sih ngobrol banyak sama dia, tapi dia sibuk dan aku gabut.

Dear my ex chairmate who became my bestfriend before...
Dulu kita sedekat nadi, tapi sekarang kita sejauh galaksi andromeda...


Berikut gue lampirkan foto-foto selama gue magang

Loan Service Desk


 Tempat "kongkow" Dean

Nah, ini caller buat nomor antrian, yang kaya di Bank gitu loh


Data calon nasabah yang harus diolah :)


Yhah numpang narsis lah di toilet. Anak magang wajib hitam putih bajunya.

1 komentar:

  1. pas apply kesana yg harus dibawa apa aja ya kak kalo boleh tau

    BalasHapus

Pendapatmu adalah Pahalamu :)